Jumat, 10 Januari 2014

Munaqosah

Tepatnya 2 minggu lalu keahlian gue diuji oleh para munaqis setelah gue ngikutin PGPQ (Pendidikan Guru Pengajar Al-Qur`an) setahun lalu. #ceileh vicky hihi :$. Nah disini gue harus tampil semaksimal mungkin, untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Meskipun sempet sih gemeteran dan grogi pada diri gue ketika gue mau tampil itu. Tetapi gue yakin dan berharap banget, kayak berharap banget masuk team JKT48 hihi. Dan karena ini peluang yang kedua untuk gue, oleh sebab itu gue harus yakin banget untuk lulus. Ohya gue hampir lupa ni, ujian yang gue maksud ini adalah ujian munaqosah. Nah gue tebak pasti sebagian para mbak broo dan mas broo banyak yang ngak tahu tentang munaqosah ini :D. Kalau udah ada yang tau sih ya bagus deh, biar gue ngak ngejelasin :P.

Nah munaqosah itu ujian baca alquran dengan cara baca At-Tartil. Lah At-Tartil ini adalah suatu cara saat baca al-quran dengan benar dan fasih dengan makhroj dengan benar pula. Dan bacanya juga ada iramanya kayak hijaz gitu. Ahh kalian pasti tahu kan :$. kalau ngak tahu cari dimbah bebuyutan kalian sendiri deh hihi. Nah kalau tentang munaqis pasti ada yang ngak tahu dan ada yang tahu. atau malah ngak tahu sama sekali. Nah sekarang gue kasih tahu deh. Munaqis itu kayak juri gitu. semua yang menilai saat kita munaqosah itu. Jadi nasib dan mujurnysa. nasib gue saat munaqosah ya ditangan munaqisnya itu. Uhh kadang-kadang munaqisnya malah ada yang killer banget, sampai sampai ada peserta sampai disentak-sentak gitu, sampai-sampai yang baca itu jadi gerogi banget. Dan alhasil baca itu banyak yang salah karena liat munaqis yang killer gitu. Dan ada pula yang munaqis itu ngantuk terus, sampai sampai kepalanya dikit-dikit mengaguk gitu, jadi enak deh ada toleransinya, jika bacanya salah hihi. mungkin munaqisnya semalam habis ngeronda sambil main remi yak. Tetapi meskipun begitu, itu semua para usztad dan usztadzah yang terlatih dan the master loh. o:)

Nah awalnya sih gue udah ngikutin munaqosah yang pertama kali. Tetapi alhasil gue tidak lulus. #huaaa, pengen nangis rasanya. Padahal nilai gue kurang sedikit lagi. Hanya kurang 3 poin lagi. Coba kalau gue waktu itu lulus mungkin sekarang gue udah diwisudadan danpat ijazag PGPQ. Waktu itu saat gue ngak lulus munaqosah, awalnya nyesal banget. Karena temen gue lulus dan gue ngak lulus. Jadi gue merasa malu. Ahh biarlah itu semua masa lalu yang kejadiannya setahun lalu, kan yang penting sekarang gue udah lulus dan mau ngelanjutin ketingkat yang lebih tinggi lagi. yeahhh wuwuwuuwuw. Nah ini gue ceritain saat gue di Munaqosah.

Gini gue itu dapat undangan sama team munaqis untuk menjalani munaqosah, tetapi sebelumnya gue udah daftar terlebih dahulu. Ternyata gue dapat jadwal munaqosah pukul 9.30 , nah yaudah deh gue berangkat jam 9.00 . ouwhh ternyata sesudah gue udah sampai disana, ternyata udah ada banyak orang nih. Ternyata gue lihat itu cewek cewek semua, yang cowok hanya 3 orang mungkin. Anggep pikiran gue sebelumnya ceweknya ini pasti unyu dan cantik-cantik. Ahh ternyata sehabis gue masuk dan menoleh satu persatu. sruuuuupppuuutt makjleb tenyata hampir mayoritas itu emak-emak yang seumuran dengan nyokap gue. Kan kan jadi salah fokus dan malu deh. Takutnya nanti gue ditaksir sama emak-emak gitu. Kan biasa mereka suka yang berondong haha. Tetapi aslinya difikiran gue adalah kok yang ikut PGPQ malah emak-emak doang , lah yang generasi muda kemana, kok ngak ada ? paling ada satu, ngak banyak. dan anaknya itu bukan lain yaa aku ini :$ . Kan disini gue yang umur paling muda hihi.

Setelah gue lihat emak-emak satu persatu nih, dan gue berharap mukanya ada yang muda gitu biar makin semangat gue saat munaqosahnya haha. Tetapi ya tetep gitu gitu aja:P. Tapi ada yang berbeda nih saat gue melihat salah satu muka emaknya disitu, dan tidak gue sangka ternyata disana ada nyokapnya huda yang ikutan loh, hebat hebat nyokapnya huda ikut. sebelumnya gue ngak menyangka kalau ada nyokapnya huda. Ahh yaudah deh dengan rasa malu gue sapa dengan lembut deh, sinyokapnya huda ini. "hai tante , ? tante ikutan juga yak ? jawabnya gini, "iya, ini kurang beberapa nomer urutan aja. loh ternyata kamu ikutan munaqosah juga yah.? jawab gue, "iya te, ini ngelanjutin munaqosah yang sempat tahun kemaren ngak lulus. dijawab lagi "oalah iyadeh semoga lulus ya". jawan gue "iya te amin".

Habis itu gue langsung lihat ke papan no urut waktu dimunaqosah, ternyata gue dapat nomor urut 15. wuwuuwuwu ini no kebanggaan gue yee :P#jangan kepo :P. Waktu berjalan dengan cepatnya dan ternyata telah tiba nih no 14 dipanggil. Waduh sebentar lagi gue nih yang akan dimunaqosah. Ayo vicky kamu pasti bisa dan harus tenang, dan berfikir harus pasti lulus. Nah gue pun dipanggil untuk maju kedepan bersama para munaqisnya. Ternyata munaqisnya ini ada dua dan laki semua. Satunya tua dan satu kayak umur bokap gue. Nah gue mulai deh baca al-quran yang telah ditentukan sama munaqisnya. waktu demi waktu, berjalan ternyata gue udah selesai munaqosah yee. Gue pun menunggu hasil nilai dari team munaqisnya.

Memang sih nilainya langsung diumumkan setelah 15 menit selesai munaqosah dilakukan. gue sempet deg deg,an banget nih, saat mau diumumkan. Dalam hati gue tetep sholawat terus menerus, agar semua ini lancar dan gue lulus #amin. Setelah 15 menit lebih, ternyata nama gue dipanggil nih. Gue berdiri dan berjalan lenggak lenggok kayak mau lumpuh nih rasanya kaki ini, karena takut nanti ngak lulus kayak tahun kemaren. Dan akhirnya gue lihat hasilnya, ternyata gue LULUS dan langsung dapat PIAGAM.
Alhahdulillah yaallah o:), gue langsung bersyukur banget nih, udah lulus munaqosah PGPQ ini. Jadi gue ngak ngesia-sia,in orang tua gue yang sudah memberi dukungan penuh terhadap gue {}










Nah akan tetapi, ternyata nyokapnya huda ngak lulus untuk munaqosah ini. Nasibnya persis banget sama kayak nasib gue yang setahun selalu. Mukanya nyokapnya huda agak cemberut begitu. Gue sempet kasihan banget sama nyokapnya huda ini #sabar ya tan. .
Sempet dia nyamperin gue dan nanya.
Nyokapnya huda = "gimana dek lulus ta? ".
Gue = "iya te alhamdulillah lulus. Lah tante sendiri?".
Nyokapnya huda =  " tante ngak lulus, mungkin ini bukan rejeki ibuk #sambil tersenyum :))"
Gue = "yaudah tan sabar yaa".
Dan akhirnya gue pulang dengan rasa campuran. Karena senang dengan hasil gue yang membuat gue lulus. Dan kasihan karena nyokapnya huda ngak lulus.


42 komentar:

  1. waaah selamat ya.. baru tau dengan munaqosah hehe. kalau ikut terus gagal bisa remedi nggak ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya iya :D
      bisa bang, tapi harus menunggu setahun lagi. --

      Hapus
  2. Wah kerenn, lo ikut ujian sama ibunya huda ya vik. Lah terus si huda gak ikutan -__-

    Itu kalo lulus berarti lo udah bisa jd pengajar al-quran di TPA dong? Wuiihh kerenn.. (.-.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya keren banget, kerenan lagi jika nyokapnya huda lulus --
      hudanya masih tahap PGPQ, dia juni mungkin munaqosahny bang.

      iyaa bener tapi masih nunggu kuliah umum lagi 3 bulan. baru diwisuda :D

      Hapus
    2. Oohh kerenn... :'D
      Wahh berarti lo seangkatan sama emaknya huda. Haha

      Hapus
  3. aduh.. kamu emang keren gih. bisa ngalahin emak2 yang jelas2 ilmunya lebih tinggi dari kita.
    btw, meskipun saya anak MAN, baru kali ini saya dengar tentang hal-hal yang kayak gini. oiya, berarti kamu udah layak buat mengajar ya..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ngalahin sih. cuma mendahului aja ;;)
      ahh btw MAN mana sih ?
      masih belum, kan kuliah umumnya belum.

      Hapus
    2. Ah.. itu mah sama aja. dosa loh mendahului kaum tua itu, gak baik.. :D
      MAN LAMONGAN lah, orang saya orang lamongan
      Oh.. berarti harus kuliah umum lagi.. semangat//

      Hapus
  4. ciyee viki udah bisa jadi pak guru :D
    gilanya di kurangin ya pak guru, biar muridnya nggak ngikut :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belum liaa. gue masih suka jadi santri rock n roll haha.
      ahh perasaan udah hilang deh kalau soal itu. :P

      Hapus
  5. oh iya vik.. fotonya kecil aja biar bagus. kan bisa di klik sndri klo mau lht lbh jelas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya iya. lah kan nyoba nyoba kakk :P

      Hapus
  6. Waaah anak muda yang luar biasa! Disaat yang lain cuma asik twitteran, pesbukan, pacaran. Elo justru mengisi waktu lo untuk hal-hal yg bermanfaat sampe akhirnya bisa ikutan munaqosah dan akhirnya lulus.. Salut!

    Turut sedih juga buat ibunya Huda, semoga tahun depan bisa lulus.. Seperti perjuangan lo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang Edot. Semoga anaknya ibunya Huda juga lulus pada akhirnya, ibunya juga lulus. Semoga.. wkwk

      Hapus
    2. hohoho tapi luar biasa,an loe bang. hihihi harus salut kan anak baik baik ;;)
      iya bang kasian banget. amin bang , , amin o;)

      Hapus
    3. iya hud amin amin aja deh gue o:)

      Hapus
  7. alhamdulillah subhanallah luar biasa. justru anak muda kayak lu yang harusnya bangga saat ada disana, saat anak muda lain sibuk sama kerjaan yg tentu arah, elu malah menambah ilmu dunia dan akhirat, nah pas ujiannya lulus lagi, keren, selamat ya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh jangan gitu kakk. kan jadi malu ;;) hoho
      iya iya terima kasih yehh wuwuwuw :DD

      Hapus
    2. ya sama-sama, semoga kegiatan positif selalu ya :))

      Hapus
  8. munaqosah??? jadi inget si Huda heheh
    wah selamat ya Vick ;)
    akhirnya lulus juga, ada syukuran buat anak2 BE ga?
    tapi sayang ibunya Huda blm lulus, smg nanti dia lulus amin
    salut ma kamu Vick, masih muda tapi udah lulus beginian, keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya huda juga gitu. dia juga pengen lulus juga.
      iyaa tante mei makasih yee...
      ahh kayaknya syukurannya doa aja dari gue untuk kalian semua haha
      amin yaallah.
      wuwuwuwuw. . . . . :DD

      Hapus
  9. baru tau namanya munaqosa, di tempatku sih ada tapi ga tau namanya apaan hehe, wihh kerenn calon ustadz muda nih... selamat ya udah lulus udah jadi pak guru termuda nih, lah si Huda ibunya ikut kenap dia ga ikut sekalian aja ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh coba ikutan aja deh. biar nambah pengalaman hihi.
      ahh enggak deh. ilmu gue masih dangkal banget - -
      enak jadi santri :DD.
      ahh hudanya masih dalam proses PGPQ nya .

      Hapus
  10. ooh jadi wajib punya sertifikat gitu yaa
    gue juga baru tau munaqosah itu, haha parah ya gue :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh wajib gimana sih bang - -
      ahh berarti abang ini gagal jadi anak gaul hahah

      Hapus
  11. Wkwkwk. Ternyata lu main sama nyokap gue ya dibelakang :D padahal kan gue cowok, jangan-jangan lu....naksir ama gue ya.

    btw tahun ini aku juga bakal dimunaqosah, doain lulus yak, ibuku jugak. Dan juga..selamat sudah lulus!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan semoga, ilmunya bermanfaat dan selalu diamalkan untuk kebaikan ^^

      Hapus
    2. ahhh gue aslinya naksir banget sama loe hud. akan tetapi kamu ngak peka sama gue sih. yaudah gue sama nyokap loe dengan diam diam deh :P

      iyakkk amin yaallah, manknya seng temen lek PGPQ :P

      Hapus
  12. sama kayak komentarnya edotz, gak nyangka ada anak muda yang gak terlalu ngurusin duniawi dengan kegiatan gini. Al-quran men, kitab suci :o
    sukses ya ke depannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho iya bang. kan harus begitu biar ngak cepat cepat kiamat hihih
      amin bang ;;)
      terima kasih yeee

      Hapus
  13. vikiiiiiiiiii, keren kamuh!
    semangat terus yaaa. semoga bisa ilmunya bisa bermanfaat buat orang banyak :))
    sayang, di tempat aku gak ada program kayak ginian huhu. coba kalo ada, aku juga pengan banget ikutan.

    BalasHapus
  14. Wah udah lulus nih, selamat yah gan.

    Lo satu-satunya yang muda, keren. Patut dijadiin contoh nih.

    BalasHapus
  15. kapan2 kalo kita ketemu ajarin gue 'pak guru' hehe

    keren lu bro, semoga ilmu yang lo dapet bisa di sebarkan kepada anak didik lo kelak.. selamat

    BalasHapus
  16. Hem, gini nih generasi muda penerus islam yang baik.
    Di saat orang pada melakukan pergaulan tingkat modern. Lo malah melakukan aktivitas yang religious. Hahaha. Selamat ya udah lulus. Alhamdulillah, gue bisa ngaji loh. :p

    Btw, semoga nyokap huda diberi ketabahan, dan diberikan kelulusan tahun depan. Amin.

    BalasHapus
  17. Wiiihhh.... Sukses yak, udah lulus, vik.
    Gue kirain lo jdi munaqis apaan, eh ternyata bgitu......
    Nah, nyokapnya huda ikut, trus anaknya maneeee????
    Yah, mngkin yg ikut tua" biar lo bsa fokus ujian, bkan fokus sma wjah mreka. Hahaha

    BalasHapus
  18. aku baru tau loh tentang munaqosah ini vick...keren ya...selamatttt....
    salut...soalnya selama ini disini jarang banget ada yang semacam ini...apalagi sertifikasinya...istilah "munaqosah" aja ak baru tau sekarang...

    moga nyokapnya huda bisa lulus taun depan...

    BalasHapus
  19. wah ada anak muda ikut munaqosah. salut!! aku smp dulu ikut ujian semacam ini di pesantren dan gagal ._.\\*malah curhat

    BalasHapus
  20. barokallah, selamat buat ente vick.
    smg mjd pintu gerbang untuk ilmu dan amal yang lebih baik lagi.
    smg pula mjd pendorong bwt kawan2 lain utk melakukan hal yg sama/lbh baik lagi
    ttp semangat dan jangan puas sampe di sini yaa...
    good job !!! :-D

    BalasHapus
  21. baru tau tentang munaqosah setelah baca ini
    Vicky ini adalah anak muda yang tidak biasa dan cenderung luar biasa yah, disaat semua orang sibuk dengan urusan duniawi aja dia malah nyempetin urusan akhiratnya keren kamu vick :)

    BalasHapus
  22. vicky ternyataaa...keren banget. hari gini jarang jarang yang ikutan acara kegamaan kayak begini ya..udah gitu lolos lagi..
    yah, mana liat mamanya Huda waktu bacanya..behehehe..ya udah mamanya Huda ikutan lagi taun depan bisa kek kamu taun ini, bisa Lolos..selamat!!!

    BalasHapus
  23. bangga dong jadi yang paling muda diantara emak emak itu, apalagi bisa lulus. itu ibu nya Huda ikut juga dan ga lulus? eman bgt yah, semangat yah ibunya Huda!!

    BalasHapus

Gak Coment, Loe Cupu Pake Banget ! ! !